Wabup Konawe Resmikan Puskesmas Sampara

22
Gusli Topan Sabara saat memotong Pita peresmian Puskesmas Sampara.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONAWE – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Senin (8/6/2020),

Saat melalukan pengguntingan pita tanda peresmian, Wabup Konawe didampingi oleh Sekretaris Dinkes Konawe, Syamsul, kepala Puskesmas Sampara, Suriani serta para tenaga medis dan staf.

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara usai meresmikan Puskesmas Sampara.

Saat melakukan pengguntingan pita peresmian, Gusli sempat melempar bahasa yang niatnya memberikan semangat, “Diresmikannya Puskesmas Sampara ini bisa menjadi motipasi untuk melahirkan Rumah Sakit (RS) yang diberi nama RS Tombili setelah nantinya Konawe Timur Laut Mekar, ”ungkapnya

Usai menggunting pita peresmian, mantan ketua DPRD Konawe itu langsung mengecek fasilitas yang disediakan oleh Puskesmas tersebut, dari beberapa fasilitas yang ada pihaknya menilai masi banyak yang perlu dibenahi diantaranya, halaman depan yang masih becek perlu di timbun, serta pagar untuk menjaga kemanan Puskesmas.

“Kita juga akan bangun perumahan untuk dokter yang bertugas di puskesmas ini (Puskesmas Sampara), “tuturnya.

Gusli menambahkan, Pemda Konawe akan berupaya untuk menjadikan Puskesmas Sampara sebagai Puskesmas rujukan masyarakat di sekitarnya, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Puskesmas Puuwatu, sebagai pengambil kebijakan di tanah kerinduan para leluhur ini, ia juga akan berupaya agar Puskesmas ini bisa akreditasi A.

“Makanya ini puskesmas fasilitas dan pelayanannya kita harus maksimalkan, posisi puskesmas ini cukup strategis apa lagi dekat dengan kawasan industri Morosi, “jelasnya.

Saat ditemui di tempat yang sama, Kepala Puskesmas (Kapus) Sampara Suriani menjelaskan, Puskesmas yang dipimpinnya itu menyiapkan pelayanan Posyandu, Gizi Malaria dan Gigi.

“Kami masi menunggu perbaikan fasilitas untuk pasien rawat inap, alat untuk perawatan gigi juga masi rusak, makanya untuk sementara kami belum bisa dulu melayani, “ungkapnya.

Untuk jumlah tenaga medis yang dimiliki Puskesmas Sampara, Bidan lebih dari 10 orang, beberapa orang perawat, ahli Gizi, Farmasi dan dua dokter, dokter Gigi dan Umum.

“Fasilitas kamar untuk IGD kita punya empat ranjang, kamar perawatan empat ranjang dan kamar bersalin dua ranjang, “jelasnya.

Untuk diketahui, Puskesmas Sampara ini pengerjaannya dilakukan oleh CV Putra Sampara Tahun Anggaran 2019, dan menghabiskan anggaran sebanyak Rp 4,5 M.

Penulis : Rido

Apa Komentar dan Pendapat Anda