Usai Menandatangani MoU, VDNi dan OSS Terima 5 ribu Pekerja Lokal

33
Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara, Usai penandatangan MoU.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONAWE – Setelah penandatanganan nota kesepakatan atau MoU antara Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe serta pihak perusahaan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan Obsidian Stainlies Steel (OSS). Akhirnya kedua perusahaan tersebut resmi menerima 5.000 pekerja lokal.

Informasi terkait penerimaan tenaga kerja lokal ini diutarakan oleh Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, ST,MM usai penandatanganan MoU di kantor VDNI, Senin (06/07/2020).

Gusli Topan Sabara menuturkan, setelah penandatanganan MoU pihaknya akan segera melapor ke Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Selanjutnya, pihak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe akan langsung berkoordinasi.

“Tim juga akan langsung running untuk segera bekerja kapan rencana penerimaan karyawan akan dimulai, “ungkap Gusli didampingi Manajemen VDNI dan OSS, Kapolres dan Kajari Konawe.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini menjelaskan, berdasarkan data yang diserahkan pihak perusahaan, ada 5.000 tenaga kerja lokal yang akan diterima tahun ini. Untuk spesifikasi atau bidang yang akan diterima dari 5.000 ini yakni, 500 tenaga mekanik, 1.000 driver/sopir alat berat, 500 operator crane, 2.500 kru di smelter dan 500 tenaga administrasi dan translator.

“Totalnya ada 5.000. Masing-masing terbagi 2500 tenaga skill dan 2500 yang nonskill,” jelasnya.

Lanjut Gusli, untuk penerimaannya nanti akan mengunakan sistem zonasi dan terbagi tujuh zona. Zona satu smapai tiga, khusus wilayah Kabupaten Konawe. Diantaranya, Zona satu, tiga kecamatan, yakni Morosi, Bondoala dan Kapioala. Zona dua, wilayah Soropia sampai Wonggeduku. Zona tiga, Wawotobi sampai Routa.

Zona empat, meliputi wilayah Sultra daratan. Zona lima, meliputi seluruh kepulauan di Sultra. Kemudian, zona enam meliputi regional Sulawesi. Zona tujuh, meliputi seluruh wilayah Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan oleh HRD VDNI, Ahmad Saekuzen. Ia menjelaskan, 5.000 tenaga kerja yang akan diterima merupakan orang-orang akan bekerja di VDNI dan OSS.

“Untuk posisi sudah disebutkan oleh Wakil Bupati tadi, semua karyawan yang akan diterima organik, “jelasnya

Penulis : Rido

 

Apa Komentar dan Pendapat Anda