Tiap KK Terdampak Covid-19 di Konawe Akan Terima BLT Rp600 Ribu

48
Wakil ketua DPRD Sultra, Muh Endang lakukan Kunker di posko Covid-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe (FOTO: Sri Wulandari/Redaksiana)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONAWE – Di tengah mewabahnya virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.600.000 per Kepala Keluarga (KK).

Hal ini di ungkapkan langsung Wakil ketua DPRD Sultra, Muh Endang dalam kunjungan kerjanya di posko Covid-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe, Sultra, Selasa (22/04/2020).

Kunker tersebut sebagai tindak lanjut dari hasil Rapat Dengar Pendapat dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sultra, tentang pengalokasian Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19 di daerah setempat.

Wakil ketua DPRD Sultra, Muh Endang mengatakan, dalam RDP tersebut terungkap bahwa Kabupaten Konawe tidak dapat menyalurkan BLT desa karena DD untuk tahun anggaran 2020 diblokir oleh Kementerian Keuangan RI.

Menurutnya, penyebab diblokirnya DD di Konawe karena belum adanya kepastian hukum terhadap status 56 desa yang keberadaannya itu diduga tidak sesuai dengan aturan yang ada.

‚ÄúTidak Fair 56 desa itu kemudian menghalangi penyaluran Dana Desa ke 291. ini tidak bisa menghalagi hak rakyat untuk mendapatkan bantuan terutama BLT di desa ini,” ucap Endang.

Sebagai wakil DPRD Sultra, Endang siap untuk melakukan penekanan agar Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini cepat di cairkan.

“hari ini juga kami akan telpon kepala biro hukumnya untuk segerakan. Karena Bapak Bupati melalui Sekretaris Daerah sudah menyampaikan bahwa dalam satu minggu proses administrasi bisa selesai. Sehingga kita harapkan sebelum lebaran BLT itu dapat di terima oleh masyarakat,” tutupnya.

Diketahui, kunjungan kerja pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Sultra tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Dr. Ferdinand Sapan. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Konawe drg. Mawar Taligana, Direktur BLUD RS Konawe dr. H. Agus Lahida MARS, Kasat Pol PP Dr. H. Herianto Wahab, Kabag Humas dan Protokol Sukri Nur, M.Si dan perwakilan DPMD Konawe.

Tulisan: Sri Wulandari

Apa Komentar dan Pendapat Anda