Soal BBM Ilegal Irma, Hiswana Migas : Pertamina dan Polda Harus Turun Sidak

57
Sekretaris Hiswana Migas DPC IV Sultra, Fahd Atsur.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA. ID : KENDARI – Irma, salah seorang penimbun Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal jenis solar di Desa Lalunggasumeeto, Kecamatan Lalunggasumeetto, Kabupaten Konawe masih ramai diperbincangkan.

Bahkan dalam pemberitaan sebelumnya, Irma juga mengaku bahwa BBM miliknya itu sama sekali tidak memiliki izin.

Pengisian BBM dirumah Irma pada Selasa malam, (15/9/2020).

Alhasil peristiwa itu pun mendapat komentar dari Sekretaris Hiswana Migas Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IV Sultra, Fahd Atsur, saat ditemui redaksiana.id, Jum’at (25/9/2020).

Menurut Fahd, dalam kejadian ini seharusnya ada tindakan yang dilakukan oleh pihak PT. Pertamina dan Aparat Kepolisian, untuk menindak para pelaku BBM Ilegal yang tidak memiliki izin.

“Jadi Pertamina dan kepolisian harusnya mengusut dan melakukan sidak dilokasi tersebut apalagi dari informasi di media bahwa BBM itu hasil penimbunan, “ucapnya

Tak hanya itu, dia juga menyebut bahwa terkait dengan penampungan BBM ilegal Irma yang tidak sesuai standar, juga akan berdampak pada terjadinya pencemaran lingkungan.

“Dari sisi penimbunan harusnya ada izin terkait lingkungan hidup, karena minimal dia itu harus ada tangki bukan jerigen karena dapat menyebabkan kebakaran dan pencemaran lingkungan, “papar Fahd

Lebih lanjut Fahd menjelaskan, “Dan intinya itu dari pihak pertamina ataupun langsung dari pihak yang berwenang harus mengusut dan sidak apakah sudah ada izinnya atau memiliki persyaratan seperti yang diamanahkan di UU migas dan peraturan pertamina, “ungkapnya

Selain itu, Fahd membeberkan bahwa secara hukum aktivitas ilegal memiliki dua sangsi yakni dengan proses hukum dan adnimistrasi, yang mana penindakan ilegal tertera pada UU migas dan hal itu mengarah kerana pidana.

“Kalau sifatnya penyalahgunaan adnimistrasi itu salahnya diliat lagi izinnya ada tidak izin jual belinya, kalau tidak ada jelas itu merupakan pelanggaran, “ujarnya

Untuk diketahui, berdasarkan hasil pantauan Teramesa Media Group, BBM yang ditampung menggunakan ratusan jerigen 35 liter terpampang jelas dikediaman Irma. Bahkan Tim investigasi beberapa media juga menemukan beberapa tower yang digunakan untuk menimbun BBM disekitar rumah Irma.

Penulis : Falonk

Apa Komentar dan Pendapat Anda