Sering Disepelekan, Buah dan Daun Kersen Mampu Cegah Banyak Penyakit

207
Buah kersen (Foto Istimewa).
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KENDARI – Buah Kersen tak asing lagi ditelinga kita, untuk di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), buah ini dikenal dengan sebutan Gersen.

Bahkan hampir disetiap sudut pemukiman warga hingga dipinggir jalan, buah mungil ini tumbuh dengan subur.

Buah kersen.

Namun sayang, buah ini kerap dibiarkan begitu saja, padahal khasiat yang terkandung dari tumbuhan tersebut banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ulasannya :

1. Buah kersen mengandung Antibiotik yang mampu meningkatkan Imun dalam tubuh.

Salah satu permasalahan dunia medis saat ini adalah hampir semua tipe bakteri kebal terhadap antibiotik yang ada. Nah, buah kersen mengandung antibiotik alami yang akan melawan bakteri-bakteri jahat dalam tubuh.

2. Mengandung vitamin C yang sangat banyak

Setiap 100 gram buah kersen setara dengan 150 mg vitamin C. Supaya daya tahan tubuh kita bagus, kita dianjurkan mengonsumsi vitamin C yang cukup.

3. Penahan rasa sakit kepala

Orang yang sering sakit kepala parah biasanya memiliki peredaran darah yang tak lancar di dalam kepala. Buah kersen akan melancarkan peredaran darahmu, lho!

4. Mengatasi nyeri sendi

Jika kamu punya gejala nyeri sendi, buah kersen bisa meringankan keluhanmu. Konsumsi tiga kali sehari masing-masing segenggam buah kersen, nyeri sendimu berpotensi menjauh.

5. Menjaga gula darah tetap rendah

Cocok untuk kamu yang menderita diabetes. Buah kersen mengandung pemanis alami, sehingga tak menyebabkan diabetes.

6. Mencegah penuaan dini

Karena banyak mengandung antioksidan, kersen berfungsi untuk melawan penuaan dini. Nah, gak perlu minum obat nih.

7. Teh dari daun kersen bisa meredakan rasa sakit

Cara membuatnya gampang, kamu tinggal menjemur daun pohon kersen hingga kering, kemudian hancurkan. Setelah itu diseduh dan saring. Kamu bisa menambahkan gula atau madu sebagai perisa manis.

8. Daunnya bisa mencegah kanker

Sejumlah penelitian menyatakan daun kersen memiliki kandungan yang mampu mengurangi pertumbuhan kanker.

9. Dapat menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh banyak hal, seperti merokok, garam, terlalu banyak mengonsumsi lemak, dan pola hidup yang tak sehat.

Teh daun kersen mengandung banyak zat nitrogen monoksida, senyawa yang memiliki kekuatan dahsyat dalam upaya melindungi sistem kardiovaskular.

Jadi, kalau kamu lihat buah ini di pinggir jalan, apa masih mau lewat begitu saja? Lumayan banget kan kalau buah kecil manis seperti ini ternyata memiliki khasiat luar biasa. Silahkan dicoba untuk kesehatan loh.

Penulis : Astrid Diva

Apa Komentar dan Pendapat Anda