Sadar Keamanan Lingkungan, Masyarakat Desa Andoolo Utama Bangun Poskamling

11
Kades Andoolo Utama saat memperlihatkan piala dan piagam dari Kapolda (FOTO : Agus/Redaksiana)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Demi kesadaran dalam menjaga keamanan lingkungan, masyarakat di Desa Andoolo Utama, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) secara swadaya membangun Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling).

Kepala Desa Andoolo Utama, Suyanto menyampaikan, bahwa masyarakat Desa Andoolo Utama telah memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan lingkungan, sehingga mereka secara bergotong royong membuat pos-pos ditiap lingkup Dusun bahkan RT.

Hal itu dilakukan demi meningkatkan keamanan dilingkungannya masing-masing. Oleh karenanya, setiap dusun memiliki poskamling sendiri untuk dilakukan penjagaan dan ronda secara bergilir di malam hari.

“Jadi tiap Dusun bahkan tiap RT memiliki poskamling masing-masing dan ini murni pembangunannya hasil dari swadaya masyarakat, hal ini dilakukan karena warga telah memiliki kesadaran untuk menjaga dan memperhatikan keamanan dilingkungan masing-masing,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (19/05/2020).

Poskamling tersebut dibangun secara gotong royong oleh masyarakat yang tersebar pada tiga dusun. Dusun I memiliki 3 poskamling, Dusun II dan III masing-masing terdapat 4 poskamling.

“Disini ada 8 RT dan 3 Dusun. Ini poskamling tersebar pada 3 Dusun tersebut, yakni Dusun I ada 3 poskamling, Dusun II dan III masing-masing ada 4 poskamling. Kami sebagai Pemerintah Desa menggerakkan masyarakat untuk selalu menjaga keamanan lingkungan dan menjadikan sebagai desa tertib kamtibmas,” kata Suyanto.

Sehingga tidak mengherankan jika Desa Andoolo Utama pernah berhasil meraih juara 2 pada lomba Siskamling tingkat Polda Sultra tahun 2019 dan mendapatkan piala serta piagam penghargaan dari Kapolda Sultra.

Penulis: Agus Muhaimin

Apa Komentar dan Pendapat Anda