Rolling Jabatan, Kepala Dinas Catatan Sipil Konsel Berganti

80
Bupati Konsel saat melantik Kadisdukcapil dan Staf Ahli (FOTO: Kominfo Konsel)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Konsel resmi dilantik oleh Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga di Auditorium Kantor Bupati Konsel.

Bupati Surunuddin melantik Drs. Muh Yusuf sebagai Kadis Dukcapil Konsel, yang sebelumnya diduduki oleh Nurlita Jaya.

Kini, posisi Nurlita Jaya menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra, yang sebelumnya di tempati oleh Muh Yusuf.

Sedangkan Kadisdukcapil Konsel sebelumnya yakni Nurlita Jaya digeser untuk menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra, yang sebelumnya di tempati oleh Muh Yusuf.

Rotasi jabatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor : 821.22-86 Tahun 2020 Tanggal 13 Januari 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan PPTP selaku Kadisdukcapil Konsel.

Sehingga Bupati mengeluarkan SK No 820/144/2020 tertanggal 1 April 2020 terkait pengangkatan jabatan yang dimaksud. Hal itu sesuai juga dengan Surat Mendagri No 821/2496/SJ tanggal 19 Maret 2020 dan Surat Edaran Gubernur Sultra No 821.22/1459 Tanggal 30 Maret 2020, perihal persetujuan pengangkatan dan pelantikan PPTP lingkup Pemda Konsel.

“Pelantikan hari ini sudah sesuai mekanisme dan telah mendapatkan rekomendasi dari Dirjen Disdukcapil, dan agar lebih kuat kita tetap minta izin Kemendagri, dasar itulah kita kukuhkan hari ini,” kata Surunuddin, Rabu (01/04/2020).

Lanjut Surunuddin, ia berharap dengan pengambilan sumpah jabatan ini tidak menjadi polemik baik dalam pemerintahan maupun ditengah-tengah masyarakat, karena mutasi juga sudah berdasarkan ketentuan dan suatu kewajaran dalam tubuh birokrasi.

“Alasannya, jika yang bersangkutan sudah menjabat minimal 2 tahun maka kinerjanya perlu dilakukan evaluasi. Olehnya itu di lakukan rotasi atau pergeseran ini sebagai penyegaran ditubuh birokrasi,” ucapnya.

Surunuddin pun menginstruksikan kepada pejabat baru untuk melanjutkan program kerja dan meningkatkan hubungan baik yang telah dibangun oleh pejabat sebelumnya, khususnya dalam hal pelayanan.

“Saya minta kepada Kadiscapil yang baru untuk menjaga hubungan baik dengan Pemerintah Pusat dan pihak lain, yang telah dibangun sedemikian rupa oleh Kadis sebelumnya, dengan target perekaman KTP dan KK harus 98 persen tahun 2020, yang saat ini sudah bagus karena tercapai 9 persen, sisa ditingkatkan lagi,” perintah Surunuddin.

Surunuddin juga memberikan apresiasi terhadap Kadiscapil sebelumnya, Nurlita atas kinerjanya yang baik selama menjabat dan berharap kinerjanya dapat diterapkan di jabatan barunya yang juga banyak butuh pemikiran.

Dikesempatan itu juga, Surunuddin menyampaikan keinginannya kedepan dengan realisasi target Tahun 2021, untuk menyatukan sistem pelayanan OPD dalam satu gedung ‘Mall Pelayanan Terpadu’, yang didalamnya berkantor instansi di bidang Pelayanan, seperti Dinas Perizinan, Dinas Perhubungan, Samsat dan Disdukcapil.

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan pengurusan administrasi ke masyarakat, termasuk mengejar target SAKIP dari nilai B ke BB, yang dinilai oleh Kemenpan RB dibawah pengawasan Ombudsman, dengan indikator penilaiannya yakni Adminitrasi Pelayanan Instansi.

Penulis: Agus M

Apa Komentar dan Pendapat Anda