Personil Polda Sultra Berikan Penghormatan Terakhir Jenazah Purnawirawan Positif Covid-19

27
Almarhum jenazah RR diberi penghormatan terakhir oleh personil Polda Sultra (FOTO: Humas Polda Sultra)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KENDARI – Pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, Sabtu(18/04) di ambil alih oleh Tim khusus (Timsus) personil Polda Sultra.

Proses pemakamannya dilakukan di TPU Punggolaka, sesuai dengan mengikuti protokol pemakaman jenazah pasien positif.

Diketahui, jenazah Covid-19 berinsial RR (75) merupakan pensiunan polri berpangkat Aiptu yang merupakan warga Kelurahan Punggaloba, Kecamatan Kendari Barat yang dimakamkan dengan upacara penghormatan.

Kasubdit Humas Polda Sultra, Kompol Agus Mulyadi mengatakan, sebelumnya almarhum memiliki riwayat penyakit ginjal dengan rutin cuci darah (HD) reguler di RS. Santaana Kendari.

“Beliau melakukan perawatan rutin di RS. Santa Anna terkait penyakit yang dideritanya. Dan kemudian timbul gejala menyerupai ciri-ciri penderita virus Covid-19 dan dilakukan rapid tes yang hasilnya positif dan kemudian dirujuk ke RSUD Bahteramas,” katanya.

Berdasarkan hasil Rapid tes yang dilakukan oleh RS. Santa Anna pihak RSUD Bahteramas langsung melakukan Swab dan menempatkan almarhum RR diruang Isolasi Covid-19.

Pada hari Minggu tanggal 5 April 2020 hasil tes Swab almarhum dari Makassar keluar dengan hasil Positif.

“Setelah mendapat perawatan oleh pihak RSUD. Bahteramas selama 16 hari, pada hari Sabtu tanggal 18 April 2020 sekitar jam 01.30 Wita almarhum meninggal dunia di ruang Isolasi Covid 19 RSUD Bahteramas,” jelas Agus.

Sebelum dibawa ke tempat peristirahatan terakhir, kata Agus, terlebih dahulu disholatkan. Tampak petugas kepolisian dari Biddokes Polda Sultra mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Karena Almarhum merupakan purnawirawan Polri maka proses pemakaman diambil alih oleh RS. Bhayangkara Kendari dan pengawalan jenazah dari RSUD Bahteramas sampai TPU Punggolaka dikawal oleh Sat Brimob, Samapta Polda Sultra dan Ditlantas Polda Sultra,” katanya.

Tak ketinggalan, keluarga kakek 75 tahun itu diikutsertakan dalam sholat jenazah yang dilakukan bersama tim pemakaman.

Tampak pihak keluarga berdiri di belakang petugas, mereka menggunakan masker. Sementara peti jenazah dibiarkan berada di dalam mobil ambulans.

Selanjutnya jenazah diboyong ke TPU Punggolaka. Dimana setiba dilokasi, barisan pasukan upacara kemudian diatur dan dipimpin oleh Pamen Samapta Polda Sultra AKBP Amirullah.

Meski begitu, tampak keluarga tetap bisa ikut menyaksikan langsung pemakaman purnawirawan korps bhayangkara yang pernah bertugas di Polda Sultra. Dari rumah sakit hingga ke pemakaman, petugas melakukan penyemprotan disinfektan pada peti dan petugas pemakaman sendiri.

Tulisan: Aryani fitriana

Apa Komentar dan Pendapat Anda