Pemerintah Desa Andoolo Utama Sediakan Fasilitas Cuci Tangan di Tempat Umum

59
Kepala Desa Andoolo Utama, Suyanto (FOTO: Istimewa)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Sebagai wujud upaya pencegahan penyebaran virus Corona, pihak Pemerintah Desa Andoolo Utama, Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan beberapa fasilitas untuk mencuci tangan.

Fasilitas tersebut ditempatkan pada tempat-tempat umum seperti pasar, kantor desa, kantor bank, swalayan dan tempat lainnya.

Selain itu, ia juga telah mengintruksikan kepada seluruh warga Desa Andoolo Utama, untuk menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing.

“Selain menyiapkan fasilitas cuci tangan di tempat umum, kami juga telah perintahkan kepada semua warga untuk menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah mereka. Jadi siapapun tamu yang datang harus mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disiapkan,” kata Kepala Desa Andoolo Utama, Suyanto, Minggu (29/03/2020).

Bupati Konsel, Surunuddin saat mencoba fasilitas cuci tangan yang disediakan di pasar Andoolo Utama (FOTO: Agus/Resaksiana)

Selain itu terkait aktivitas pasar, Suyanto mengatakan jika dirinya tidak dapat menghentikan atau menutupnya, sebelum ada instruksi dari pemerintah pusat atau daerah. Dan jika pasar ditutup, maka perekonomian masyarakat khususnya di Desa Andoolo Utama menjadi lumpuh total.

“Sebenarnya masyarakat ini takut dengan adanya virus Corona ini. Namun sebagai rakyat kecil mereka juga harus tetap beraktivitas untuk mencari nafkah, karena jika aktifitas pasar dihentikan, maka semuanya bisa menjadi lumpuh terutama perekonomiannya,” jelas Suyanto.

Olehnya itu, pria yang akrab disapa Yanto itu menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah dan mengikuti standar protokoler kesehatan yang ada, sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Corona diwilayahnya.

“Tetap kami lakukan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan yang ada sesuai standar protokoler kesehatan dan kami juga telah melakukan penyemprotan ke beberapa tempat umum dan rumah-rumah warga dengan bekerjasama dengan pihak kesehatan dan TNI/Polri untuk pencegahan Covid-19,” tutupnya.

Sementara Bupati Konsel, Surunuddin dalam kunjungan dan sosialisasinya di pasar Andoolo Utama tak lupa juga menyampaikan agar masyarakat sering mencuci tangan dengan sabun dan meluangkan waktu untuk memperbanyak berjemur dibawah sinar matahari pagi serta berdoa agar masyarakat Konsel terhindar dari wabah virus Corona ini.

Penulis: Agus M

Apa Komentar dan Pendapat Anda