Pemdes Punggapu Buat 7 Unit Sumur Gali Untuk Kebutuhan Air Bersih

23
Tampak masyarakat Desa Punggapu saat mengerjakan sumur gali (FOTO: Agus/Redaksiana)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Pemerintah Desa Punggapu, Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) telah merealisasikan pembuatan sumur gali untuk kebutuhan vital masyarakat desa tersebut.

Pekerjaan sumur gali tersebut merupakan hasil dari usulan masyarakat pada Musyawarah Desa (Musdes) dan Musrenbang, pada pengelolaan Dana Desa (DD) tahap III tahun 2019 yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Punggapu, Lasar menjelaskan jika pekerjaan ditahap III tersebut terdiri dari pembuatan sumur gali sebanyak 7 titik dan pembuatan tanggul talud sepanjang 103 meter, semua dikerjakan sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB).

“Saya selaku Ketua TPK bersama tim dan masyarakat Desa Punggapu bekerja bersama hingga kegiatan – kegiatan dapat terlaksana secara tuntas sehingga asas manfaatnya dapat dirasakan oleh semua masyarakat, salah satunya yakni pembuatan sumur gali sebanyak 7 titik dan pembuatan talud sepanjang 103 meter,” kata Lasar, Rabu (15/04/2020).

Lanjut Lasar, kegiatan tahap III tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2019 dengan besaran anggaran yakni untuk sumur gali menyerap dana sebesar Rp. 120.484.500 dan pembuatan talud sepanjang 103 meter dengan biaya Rp. 116.834.000.

“Adapun pekerjaan pembuatan tanggul talud¬†dikerjakan di area lokasi jalan usaha tani (JUT) yang berfungsi untuk penahan tebing dan jalan agar tidak terjadi longsor, sepanjang 103 meter dengan biaya Rp. 116.834.000 dan sumur gali tersebar di 7 titik dengan anggaran sebesar Rp. 120.484.500,” rincinya.

Sementara itu, Kepala Desa Punggapu, Sapar Alhabat menambahkan, jika kegiatan tahun 2019 mulai dari tahap I, II dan III telah terlaksana dengan baik dan semua kegiatan tersebut berdasarkan dari hasil usulan masyarakat yang menjadi skala prioritas untuk dikerjakan.

“Kegiatan 2019 tahap I, II dan III sudah direalisasikan, semua kegiatan atas usulan masyarakat yang menjadi skala prioritas. Kami selaku Pemerintah Desa membangun untuk menjadikan desa yang berkembang sehingga bisa menjadi¬†Desa Maju Konsel Hebat,” tutupnya.

Penulis: Agus Muhaimin

Apa Komentar dan Pendapat Anda