Pemda Konawe Sudah Tetapkan Nilai Zakat Fitrah Tahun 2020, Begini Besarannya

121
FOTO: Ilustrasi
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONAWE – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menetapkan nilai zakat fitrah tahun 1441 Hijriyah atau tahun 2020.

Penetapan tersebut ditentukan dalam rapat bersama dengan Baznas, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Konawe, pengurus Muhammadiyah, serta sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lingkup Pemda Konawe.

Dalam rapat tersebut, ditetapkan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar Rp 28.000 bagi yang mampu.

Kepala Bagian (Kabag) Kesatuan Masyarakat (Kesra), Sukri Nur mengatakan, ditengah pandemi wabah virus Corona atau Covid-19 pemerintah telah menyiapkan beberapa skema pembayaran zakat fitrah seperti transfer via rekening Baznas, dan melalui amil zakat di masing-masing desa.

Kata dia, zakat fitrah merupakan kewajiban seluruh umat islam yang berkategori mampu secara ekonomi, meksi saat ini dampak ekonomi pasca wabah Covid-19 sangat dirasakan masyarkat bawah.

“Ditengah wabah ini memang sangat sulit mengklaster yang wajib dan penerima, sebab banyak saudara kita yang merasakan dampak langsungnya. Inilah yang kita fikirkan,” katanya.

Meski belum ada Peraturan Bupati Konawe, proses pembayaran zakat akan dimajukan dari biasanya, hal ini dilakukan agar penyaluran zakat kepada penerima bisa dipercepat.

Meski begitu, pihaknya tetap memberikan keringanan kepada masyarakat yang terdampak langsung serangan wabah. Jika tahun sebelumnya berstatus pembayar zakat, pasca terdampak maka yang bersangkutan bisa beralih menjadi penerima zakat.

“Tapi jangan juga dibuat-buat supaya jadi penerima, sebab ini merupakan kewajiban yang harus ditunaikan selagi kita masih mampu melaksanakannya,” tutup Sukri.

Tulisan: Sri Wulandari

Apa Komentar dan Pendapat Anda