Memasuki Tahun Keempat, Surunuddin Akui Pembangunan Konsel Belum Sempurna

183
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin. (Foto Istimewa).
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Masa Kepemimpinan Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, dan Wabup Konsel, Arsalim Arifin kini telah memasuki tahun keempat.

Dengan dibekali tekad dan keikhlasan dalam membangun wilayah pemerintahannya, keduanya telah menorehkan buah karya pembangunan di Konsel.

Capaian juga ditorehkan pada sektor infrastruktur dan pengembangan SDM dan dibidang Tata Kelola Pemerintahan.

Dibuktikan juga, puluhan penghargaan telah dibukukan Pemda Konsel dalam kurun waktu 4 tahun.

Kemudian dari segi infrastruktur jalan, Pemda Konsel juga telah membenahi dan menghitamkan beberapa ruas jalan yang menjadi tanggungjawab Kabupaten.

Selanjutnya disusul dengan pembangunan akses Jalan dan Jembatan penghubung antara Kecamatan maupun Desa. Tak terkecuali, perintisan Ruas Jalan Tambolosu, Kecamatan Moramo menuju Kecamatan Laonti yang selama ini hanya bisa diakses melalui jalur laut.

Selain itu pada sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Konsel masih menjadi wilayah yang berswasembada Pangan dan Daging. Untuk disektor Pariwisata, Pemda juga memberikan perhatian khusus dalam pembangunan Infrastruktur Pariwisata, salah satu langkah strategis yakni menetapkan Desa Namu, Kecamatan Laonti sebagai destinasi wisata baru di Konsel.

Sementara itu disektor pelayanan Kesehatan, Pemda Konsel juga telah membangun Infrastruktur Rumah Sakit Daerah atau BLUD dengan menambah Ruang Rawat Inap, Peralatan dan Tenaga Medis seperti Dokter Spesialis.

Dan untuk mendekatkan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan. Pemda telah menfokuskan peningkatan infrastruktur disetiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Konsel. Lima wilayah sebagai Puskesmas plus yakni Puskesmas Kecamatan Tinanggea, Moramo, Laeya, Motaha dan Ranomeeto.

Begitupun juga dengan angka kemiskinan di Konsel yang mengalami penurunan drastis, dari sekitar 13 persen turun drastis menjadi 10 persen. Hal itu tentunya ditunjang dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), melalui sektor pendidikan yang meningkat.

Duet kepemimpinan Surunuddin-Arsalim juga menjadikan pelaporan keuangan di Konsel diraih dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tiga tahun berturut-turut.

Disisi lain, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Pemda dibawah kepimpinan mereka, telah mencapai predikat baik (B) hingga tahun ke-4 ini. Dimana sebelumnya hanya mencapai pada angka D.

“Alhamdulillah hari ini telah memasuki Tahun ke-4 kepemimpinan kami, yang mana sesuai hasil Survey Tingkat Kepuasan Pembangunan Daerah tembus pada angka 75-80 persen. tentunya kita patut mensyukuri nikmat dan kekuatan yang diberikan sang pencipta, sekaligus mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, terkhusus seluruh masyarakat, karena dapat melaksanakan pembangunan dengan baik dan lancar, “ungkap Surunuddin, Senin (24/02/2020).

Meski demikian, Surunuddin juga mengakui jika pembangunan Konsel saat ini masih belum sempurna. Akan tetapi, bersama OPD dirinya telah menetapkan langkah-langkah yang akan dilakukan, untuk meletakan pondasi Pembangunan Konsel kedepannya agar dapat lebih baik lagi.

“Strategi pembangunan tetap mengacu RPJMD yang telah ditetapkan. Tidak ada strategi baru tinggal melanjutkan Konsep Desa Maju Konsel Hebat, “pungkasnya

Penulis : Amin

Editor    : Ifal Chandra

 

Apa Komentar dan Pendapat Anda