Mari Berwisata di Pantai Nambo, Ada Kejutan Baru Didalamnya

245
Pantai Nambo Kendari.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KENDARI – Obyek wisata Pantai Nambo menjadi salah satu pantai favorit bagi masyarakat Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pantai ini terletak di Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, Kota Kendari.

Untuk bisa sampai dilokasi pantai ini, warga yang berada dipusat perkotaan hanya butuh waktu sekitar setengah jam dengan jarak tempuh perjalanan kurang kebih 16 km.

Papan nama Pantai Nambo disekitar obyek wisata. (Foto Istimewa).

Sembari menikmati perjalanan, kita akan melewati Jembatan Kuning Bungkutoko dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Talia, sehingga menambah suasana mengasyikan serta rasa lelah yang terbayarkan setelah menginjakkan kaki di Pantai tersebut.

Apalagi kini Pantai Nambo hadir dengan wajah baru, nampak keindahan pada pintu gerbang masuk pantai, dan disekeliling pantai pun telah dipagari, sehingga akses masuk Pantai Nambo hanya melewati pintu gerbang saja.

Keindahan pada pintu gerbang masuk pantai Nambo. (Sumber Kendarikota.go.id)

Saat masuk kita akan diperlihatkan bangunan rumah Adat Suku Tolaki dan juga gazebo yang dibuat seperti beranda rumah adat yang tertata rapi sebagai ciri khas suatu kesatuan suku-suku yang ada di Kota Kendari.

Dengan hamparan pasir putih yang membentang sekira 300 meter dan ditambah lagi air yang jernih serta ombaknya yang tenang, menambah keindahan panorama pantai itu.

Gazebo yang disediakan dipantai Nambo. (Foto istimewa).

Kemudian fasilitas yang yang tersedia di pantai ini tertata sangat apik, area parkir yang luas serta papan penunjuk arah bagi para wisatawan, sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara yang baru kesana akan sangat terbantu.

Selain itu tersedia pula panggung pertunjukkan dan gedung pertemuan. Tak jarang pula Pantai Nambo ini juga digunakan untuk beberapa kegiatan, seperti kegiatan seremonial, reunian, kegiatan festival dan kegiatan positif lainnya.

Salah satu kegiatan Festival yang pernah diselenggarakan di Pantai Nambo (Sumber Kendarikota.go.id)

Bahkan pantai ini juga kerap digunakan masyarakat di Sulawesi Tenggara untuk mengisi waktu liburan seperti perayaan tahun baru dan hari besar lainnya.

Bagi yang ingin ke pantai tidak banyak biaya yang dikeluarkan. Dimana berdasarkan Perda No. 3 Tahun 2012, biaya masuknya hanya Rp5000 untuk Motor dan Rp2000 untuk Mobil.

Karcisnya sangat terbilang murah. Sesuai Perwali No.24 Tahun 2017, karcis untuk orang dewasa hanya dibandrol seharga Rp6000 dan Anak-anak Rp4000,.

Untuk lebih menambah kecerian bersama saat menikmati pantai itu, pengujung juga bisa menyewa Gazebo seharga Rp100.000,.

Keramaian pantai nambo oleh pengunjung. (Foto Istimewa).

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Kendari, Abdul Rifai mengatakan, biaya masuk serta fasilitas di Pantai Nambo digunakan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga sebagai biaya pemeliharaan pantai.

“Juga digunakan baik dari segi kebersihan maupun sebagai biaya penataan Pantai Nambo, karena kedepannya akan ada tambahan fasilitas maupun penambahan bangunan baru, “ungkapnya, Sabtu (29/2/2020).

Olehnya itu, ia berharap kepada seluruh masyarakat kota Kendari untuk selalu menjaga dan melestarikan wisata di kota Lulo ini.

“Untuk itu, sebagai masyarakat Kota Kendari marilah kita melestarikan potensi wisata dan keindahan alam yang kita miliki, untuk menciptakan Kota Kendari yang layak huni, “pintanya

Ia juga meminta kepada pengunjung pantai untuk melaporkan jika ada oknum-oknum yang melakukan pungutan liar.

“Kami juga meminta warga yang berkunjung proaktif melapor jika ada dugaan pungutan liar di dalam objek wisata. Atau bisa langsung ke kantor Dinas Pariwisata, atau email ke disbudparkotakendari@gmail.com, bisa juga melalui aplikasi layanan www.lapor.go.id, “pungkasnya

Penulis : Astrid Diva

Editor   : Ifal Chandra

Apa Komentar dan Pendapat Anda