KPU Sultra Buka Tahapan Sosialisasi Pilkada di Konsel

30
Sosialisi Tahapan Lanjutan Pilkada 2020 oleh KPU Konsel (FOTO: KPU Konsel)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sultra menggelar sosialisasi tahapan lanjutan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Sultra yang didampingi anggotanya, yang di gelar di gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Lamong Jaya, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konsel, pada Rabu (01/06/2020),

Ketua KPU Sultra, Dr. Laode Muh Natsir, menginginkan agar penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Konsel ini dapat menjadi contoh hingga ketingkat nasional dalam hal penyelenggaraan pemilihan yang berkualitas.

Karena Kabupaten Konsel merupakan daerah pertama di Sultra yang melakukan pemilihan secara langsung di tahun 2005. Hal ini berdasarkan berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

“Pemilihan Suara Ulang (PSU) pertama juga ada di Sultra, nah ini pemilihan tahun ini merupakan sudah yang ke empat kalinya. Saya kira demokrasi di Konsel harus menjadi contoh bagi daerah lain,” ucapnya.

Natsir mengaku tak mudah untuk mewujudkan hal itu, karena Konsel memiliki jumlah pemilih terbesar serta dengan daerah terluas di Sultra. Akan tetapi ia sangat berharap kepada seluruh penyelenggara di semua tingkatan di Konsel agar dapat mewujudkan pemilu yang baik, bermartabat dan berkualitas.

“Untuk itu kita harus bekerja dengan ekstra keras, terlebih di masa covid-19 ini, mohon penyelenggaraan ini tetap dapat di jaga,” imbuhnya.

Natsir menyebutkan bahwa KPU harus tetap meneruskan tahapan lanjutan pemilihan yang sempat terhenti sesuai kebijakan pemerintah pusat.

Akan tetapi, Beberapa teknis penyelenggaraan dipastikan mengalami perubahan dalam tahapan pemilihan dijalankan ditengah new normal tak hanya waktu tahapan yang digeser, teknis pengelenggara di lapangan juga bakal disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Penulis: Agus Muhaimin

Apa Komentar dan Pendapat Anda