Kondisi Darurat Corona, 49 Napi Rutan Unaaha Dibebaskan

70
Ilustrasi.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONAWE – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Unaaha membebaskan 49 Narapidana (Napi)-nya, pada Jum’at (3/4/2020).

Hal itu dilakukan yakni untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (covid-19).

Kepala Rutan Kelas II B Unaaha, Herianto menjelaskan, 49 orang yang telah dibebaskan ini adalah Napi yang telah menjalani masa hukuman 2 sampai 3 tahun vonis yang dijatuhkan hakim.

49 Napi yang dibebaskan.

“Kita mengasimilasi rumahkan mereka yang telah masuk 2 sampai 3 tahun masa tahanan di tahun 2020. Ini merupakan upaya pengurangan jumlah warga binaan dari Rutan yang saat ini rata-rata kelebihan kapasitas, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam rutan, “kata Heri.

Selain itu dia menjelaskan, 49 Napi yang telah memenuhi syarat ini telah dipulangkan sejak Kamis (2/4/2020) malam, setelah pihaknya menerima salinan Kepmenkumham serta perintah pimpinannya melalui teleconference dengan Menteri Humkum dan Ham, Yasonna Laoly, untuk segerah mengeksekusi keputusan tersebut.

Heri menyebut, dari 49 orang ini, tidak ada Napi korupsi dan juga penyalahgunaan narkotika. Mereka semua merupakan narapidanan tindak pidana umum (tipidum), seperti kasus pencurian dan kekerasan, penganiyayan, serta tindak pidana lainnya.

“Tidak ada Narapidana korupsi dan narkoba, yang bebas ini mereka semua napi tindak pidana umum, seperti pencurian, pemerasan, penganiyayan, dan lainnya, yang pasti semua napi pidum, “ujarnya.

Selama asimilasi rumahan ini, 49 orang yang telah kembali ke rumahnya masing-masing dan akan diawasi oleh petugas Balai Pemasyarakatan (Bapas) hingga masa hukuman mereka dinyatakan selesai.

Penulis : Sri Wulandari

Apa Komentar dan Pendapat Anda