Jelang Pilkada 2020, Calon PPS di Konsel Ikut Tes Tertulis

98
Ilustrasi design REDAKSIANA.ID
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) baru-baru ini melaksanakan tes tertulis bagi pendaftar Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

Para pendaftar PPS yang telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi berkas administrasi maka berhak untuk mengikuti tahapan berikutnya yakni tes tertulis.

Tes ini dibagi dalam 5 zona wilayah dan dilaksanakan secara serentak pada Rabu, (4/3/2020) pukul 15.00 WITA.

Para pendaftar saat mengikuti tes tertulis calon PPS Pilkada 2020 (Foto Amin/REDAKSIANA.ID).

Ketua KPU Konsel, Aliudin menjelaskan bahwa tes tertulis ini dilaksanakan hanya sehari dan secara serentak, serta terbagi dalam 5 lokasi tempat dilaksanakannya.

Kata dia, tes tertulis yang diikuti oleh pendaftar PPS, mereka yang telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi berkas administrasi.

“Tes tertulis ini hanya dilaksanakan sehari dan terbagi dalam 5 zona wilayah atau lokasi tes. Dan selesai tes tertulis ini langsung kita lakukan pemusnahan kertas soal untuk menjaga kerahasiaan negara karena soal ini merupakan bagian dari dokumen negara, “ungkapnya

Sementara untuk hasil tes tertulis ini, lanjut Aliudin nantinya akan diumumkan setelah 3 hari dilakukan penelitian hasil jawaban dari tes tersebut.

“Dan hanya pendaftar yang masuk 6 besar dari masing-masing desa yang akan mengikuti tahap selanjutnya tes wawancara, “tambah Aliudin.

Jika dalam suatu Desa tidak memenuhi kuota 3 calon PPS yang lulus seleksi, maka sesuai ketentuan yang ada pihak KPU akan menyurat ke lembaga pendidikan untuk merekomendasikan terhadap orang-orang yang dianggap mampu dan layak sebagai PPS untuk ditempatkan pada Desa tersebut.

“Dan selanjutnya nanti akan kita umumkan hasil dari tes tertulis ini sesuai dengan waktunya, terlebih dahulu kita akan lakukan rapat pleno penetapan sesuai dengan mekanisme pembentukan badan Adhock Pilkada Tahun 2020. Yang dinyatakan lulus pada tes tertulis ini nantinya akan lanjut ke tahapan berikutnya yakni tes wawancara, “jelas Aliudin.

Untuk tes wawancara sendiri sesuai dengan ketentuan PKPU No 66 dimungkinkan untuk didelegasikan kepada PPK, namun kata Aliudin tidak sepenuhnya.

Dimana, pihak KPU tetap melakukan pengawasan dan ikut melakukan wawancara yang nantinya akan dibagi panel, serta membagi kedalam 5 zona wilayah yang masing-masing komisioner KPU memegang 1 zona wilayah tersebut.

“Untuk mekanisme wawancaranya telah diatur dalam PKPU No 3 dan PKPU No 13 Tahun 2017 tentang Tata Kerja, dalam peraturan tersebut telah tertuang materi wawancaranya, seperti rekam jejak serta tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pemilu, “pungkasnya

Penulis : Amin

Editor    : Ifal Chandra

Apa Komentar dan Pendapat Anda