HUT RI ke-75, Ribuan Napi di Sultra Dapat Remisi

26
Kalapas Kelas II A Kendari, Abdul Samad Dama beserta Napi yang mendapatkan Remisi di Lapas Kendari.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KENDARI – Dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, rupanya menjadi moment membahagiakan bagi Narapidana (Napi) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pasalnya, 1043 Napi yang tersebar di seluruh Lapas dan Rutan di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara kini bisa bernafas legah setelah mendapatkan potongan masa tahanan di hari kemerdekaan 17 Agustus.

Remisi tersebut diserahkan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi didampingi Kepala Kantor Kanwil Kemenkumham Sultra, Sofyan, Senin  (17/8/ 2020).

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sultra, Muslim mengatakan, pemberian remisi tahun ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja penyerahan remisi tahun ini dilakukan secara virtual atau daring.

“Dari 1043 yang terima remisi di Sultra. Sembilan diantaranya langsung bebas, 1034 dapat dapat remisi bervariasi,” kata Muslim.

Dari total 1043 napi tersebut, 299 napi diantaranya merupakan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari.

Kepala Lapas Kelas IIA Kendari, Abdul Samad Dama mengatakan, dari 299 napi yang dapat remisi, satu orang langsung bebas.

“Dia narapidana umum, dapat remisi lima bulan langsung bebas,” beber Samad.

Menurutnya, syarat umum untuk medapatkan remisi yakni napi harus sekurang-kurangnya berkelakukan baik selama enam bulan.

“Semoga warga binaan betul-betul menjaga kelakukan mereka. Jangan ada pelanggaran selama 6 bulan saja jika ingin dapat remisi,” tutup Samad.

Untuk diketahui, total napi di Sultra yang diusulkan untuk menerima remisi sebanyak 1161, tapi yang disetujui Kementerian Hukum dan HAM RI baru sebanyak 1043.

Penulis : Falonk

Apa Komentar dan Pendapat Anda