DPRD Konsel Gelar Paripurna Penyerahan LKPJ Bupati Tahun 2019

16
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar paripurna penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel tahun anggaran 2019, di Aula Rapat Paripurna.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo saat membuka rapat menyampaikan, bahwa rapat paripurna kali ini agak berbeda, berhubung saat ini dalam situasi adanya wabah Covid-19. Namun rapat tetap harus digelar, karena penyampaian LKPJ merupakan amanat Peraturan Republik Indonesia nomor 13 tahun 2019.

“Penyampaian LKPJ Pemerintah Daerah merupakan Amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 13 Tahun 2019 yang merupakan perubahan dari Peraturan Pemerintah nomor 3 tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD, serta informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada masyarakat,” kata Irham, Selasa (19/05/2020).

Sementara itu, Pemda Konsel dalam kesempatan tersebut menyampaikan secara garis besar terhadap realisasi pendapatan daerah tahun anggaran 2019. Dimana target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 105,51 miliar, dengan realisasi Rp 66,60 miliar atau 63,12 persen.

Sedangkan untuk dana perimbangan ditargetkan sebesar Rp 1,375 triliun dengan realisasi Rp 1,300 triliun atau sebesar 94,54 persen. Dan pendapatan daerah lain-lain yang sah sebesar Rp 60,499 miliar.

Dalam penyelenggaraan Keuangan Daerah, terdapat tiga aspek utama yang menjadi pokok-pokok pelaksanaannya yakni Pendapatan Daerah, Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah.

Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2019 di targetkan sebesar Rp 1,541 Triliun dengan LKPJ Bupati Konsel Tahun Anggaran 2019 agak sedikit bergeser dari jadwal yang di harapkan.

“Dan untuk Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019 ditetapkan sebesar Rp 1,629 triliun dengan realisasi Rp 1,488 triliun atau penyerapan anggaran sebesar 92,34 persen. Dimana belanja daerah tersebut terdiri dari penunjang penyelenggaraan urusan pemerintahan,” kata Wakil Bupati Konsel Arsalim.

Sementara Pembiayaan Daerah pada Tahun Anggaran 2019, dengan Penerimaan Pembiayaan sebesar Rp 175,788 miliar rupiah dan Pengeluaran Pembiayaan di tetapkan sebesar Rp 87.932 miliar yang digunakan untuk Penyertaan Modal Investasi Pemerintah Daerah.

“Angka-angka Pendapatan Belanja dan Pembiayaan Daerah yang disajikan dalam LKPJ ini merupakan angka-angka yang belum diaudit oleh BPK RI,” ucapnya.

Olehnya itu angka-angka yang akan di sampaikan masih dapat bergeser sesuai dengan hasil audit BPK RI, lebih khusus lagi nilai SILPA Tahun Anggaran 2019,” tutup Arsalim.

Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Wakil Ketua I Armal, Wakil Ketua II Senawan Silondae serta dihadiri Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, Sekda Sjarif Sajang, para anggota DPRD, unsur Forkopimda dan para Kepala OPD lingkup Konsel.

Penulis: Agus Muhaimin

Apa Komentar dan Pendapat Anda