Doni Monardo: Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Ada Lockdown

62
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo (FOTO: Fandi/Redaksiana)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo memberi pernyataan bahwa pemerintah tidak akan melakukan penguncian wilayah atau lockdown untuk mengatasi penyebaran Covid-19 atau yang dikenal virus Corona.

Dalam keterangannya disebuah video pada Sabtu (21/03/2020), Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tersebut menyatakan bahwa kepastian untuk tidak memberlakukan kebijakan lockdown adalah instruksi Presiden Indonesia, Joko Widodo.

“Saya tegaskan, pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi yang telah memberikan instruksi kepada Kepala Gugus Tugas, bahwa tidak akan ada lockdown. Jawaban saya ini semoga bisa jadi kepastian bagi seluruh komponen masyarakat dan juga sahabat dari berbagai negara terutama yang berada di Jakarta,” kata Doni.

Doni menambahkan bahwa pemerintah telah mengeluarkan sejumlah imbauan kepada masyarakat terkait pencegahan virus corona. Salah satu imbauan itu adalah dengan menjaga jarak atau social distancing dan menghindari kegiatan yang berkerumunan.

“Yang paling penting mematuhi kebijakan pemerintah, yaitu social distancing, atau lebih mudah kita bisa artikan jangan saling berdekatan. Dilarang saling berdekatan dan dilarang berkumpul. Kalau ini dipatuhi Insya Allah kita bisa mengurangi masyarakat yang terpapar,” kata Doni.

Hingga Sabtu (21/03/2020), data pemerintah pasien positif Covid-19 telah mencapai 450 orang dengan jumlah meninggal dunia 38 orang dan pasien sembuh 20 orang.

Dengan jumlah pasien meninggal dunia sebanyak 38 orang, maka nilai persentase kematian akibat Covid-19 mencapai 9 persen. Persentase itu tercatat sebagai yang tertinggi di dunia dan berikutnya Italia yang saat ini mencapai persentase 8,57.

Penulis : Fandi

Apa Komentar dan Pendapat Anda