Diduga Korupsi Ratusan Juta, Mantan Kadis PPKB Konsel Dimeja Hijaukan

352
Ilustrasi REDAKSIANA.ID
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Kasus dugaan korupsi dilingkup Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) memasuki episode baru.

NA (Inisial) yang merupakan Mantan Kadis PPKB tersebut, kini bakal diperhadapkan meja hijau Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari.

Kursi pesakitan yang bakal menemani NA selama dipersidangan nanti dikarenakan berkas perkara NA dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel.

Hal itu juga ditandai dengan penyerahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) dari Jaksa Penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kamis (5/3/2020).

Proses penyerahan tersangka dari Penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Konsel, Enjang Slamet menerangkan bahwa tersangka Na (57), NA siap di sidang usai dirinya terjerat dugaan korupsi dalam kegiatan Pelayanan Operasional Integrasi Program KKBPK dan program lainnya di Dinas PPKB Konsel TA 2018.

“Tersangka NA ini merupakan Kadis PPKB Konsel yang terjerat kasus dugaan tindak pidana korupsi tahun anggaran 2018, dan berkas perkaranya telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Penuntut Umum sehingga siap untuk disidangkan, “kata Enjang.

Selain itu Enjang menambahkan bahwa berdasarkan hasil audit perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguan (BPKP) Sulawesi Tenggara (Sultra), kasus ini merugikan negara sebesar Rp691.593.669,.

“Kerugian negara berdasarkan audit BPKP Perwakilan Sultra sebesar 691 juta lebih. Dan sebelum disidangkan, saat ini tersangka NA telah dilakukan penahanan oleh Penuntut Umum di Rutan Kendari selama 20 (dua puluh) hari, “pungkasnya

Penulis : Amin

Editor    : Falonk

Apa Komentar dan Pendapat Anda