Di Tengah Pandemi Covid-19, Penumpang Kapal Laut Wajib Memenuhi Syarat Ini

41
Para penumpang yang akan berangkat terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan atau Rapid Test diposko chek point Kesehatan (FOTO: Aryani/Redaksiana)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KENDARI – Ditengah wabahnya virus Corona atau Covid-19, setiap calon penumpang yang akan berpergian dengan jasa transportasi laut harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Hal itu sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 tahun 2020 dan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor SE.21 Tahun 2020 tentang petunjuk operasional transportasi laut untuk pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019.

Kadis Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Hado Hasina mengatakan, untuk memutus mata rantai Covid-19, pihaknya terus berusaha menjalankan protokol kesehatan agar sesuai dengan arahan pemerintah.

“Ini adalah protokol yang harus kita lakukan agar memastikan kepada calon penumpang begitu sampai ditempat tujuan tidak ditolak,” ungkapnya, Rabu (20/05/2020).

Guna mendukung pelaksanaan tersebut, kata Hado, penumpang kapal harus memenuhi tiga persyaratan. Pertama, harus memiliki indentitas diri seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, SIM dan lain sebagainya untuk dilakukan pemeriksaan.

Lanjut, Kedua, surat keterangan sehat bebas Covid-19 atau hasil rapid test yang dikeluarkan oleh petugas kesehatan dan Ketiga, Surat Tugas bagi ASN,TNI,Polisi maupun pegawai lainnya.

“Kalau tidak memenuhi persyaratan ini tidak bisa berangkat. Boleh berangkat kalau berbisnis, yang dilarang itu mudik. Tetapi tidak ada yang jamin bahwa tidak ada yang berpergian untuk urusan dinas,” tutup Hado.

Tulisan: Aryani fitriana

Apa Komentar dan Pendapat Anda