Corona Mulai Mewabah, Mendagri Minta Pejabat Tidak Keluar Negeri

54
Mendagri, Tito Karnavian.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : JAKARTA – Menyikapi pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (13/3/2020), yang telah menetapkan virus corona (covid-19) sebagai pandemi atau wabah yang penyebarannya telah meluas ke berbagai negara, juga menjadi antisipasi bagi pemerintah Indonesia.

Bahkan belum lama ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, meminta kepada kepala daerah hingga jajaran pejabat di daerah untuk menunda perjalanan ke luar negeri, bila tidak terdapat hal yang bersifat mendesak.

“Jadi, sehubungan dengan hal itu, jika tidak sangat urgent sekali dimohon kepada kepala daerah, wakil kepala daerah, ketua dan anggota DPRD (tingkat) provinsi, ketua dan anggota DPRD (tingkat) kabupaten/kota, beserta pejabat di daerah agar menunda pelaksanaan perjalanan ke luar negeri untuk menghindari terpapar virus corona, “terang Tito, Minggu (15/3/2020).

Dihari yang sama Presiden Joko Widodo juga memohon kepada kepala daerah untuk menentukan status wilayah yang dipimpinnya terkait dengan penyebaran virus corona.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta Gubernur, Bupati hingga Wali Kota dapat memonitor daerahnya masing-masing terkait dengan penyebaran corona.

“Saya juga meminta kepala daerah berkonsultasi kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penetapan status wilayahnya, “ucapnya di Istana Merdeka, Minggu (15/3/2020).

Untuk diketahui dalam mewabahnya penyebaran Virus Corona, Pemerintah Indonesia juga telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 7 tahun 2020.

Penulis : Mahmudi

 

Apa Komentar dan Pendapat Anda