Cegah Corona, Wabup Konawe Minta OPD dan Desa Buka Posko Aduan

92
Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara, saat ditemui Redaksiana.id
redaksiana.id redaksiana.id

REDKASIANA.ID : KONAWE – Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Gusli Topan Sabara menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Desa umtuk membuka posko aduan serta memberikan informasi pencegahan Virus corona kepada warga.

Meski belum ada laporan warga yang terinfeksi, Pemda Konawe akan selalu tanggap dalam mengantipasi terjadinya hal itu.

Bahkan terkait pencegahan virus corona (Covid-29) ini, juga telah dibahas dalam rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Senin kemarin (16/3/2020).

Hasil rapat itu juga menetapkan status darurat non bencana di Kabupaten Konawe sebagai upaya pemerintah dalam menjaga kemungkinan mewabahnya virus tersebut.

Menurut Gusli, dengan membuka posko aduan serta memberikan informasi pencegahan covid-19 kepada warga, mereka bisa lebih tau tata cara pencegahan yang sudah banyak beredar, dan masyarakat juga diajurkan untuk rajin mencuci tangan, menggunakan masker saat bepergian, serta mengkonsumsi makan sehat yang telah melewati proses atau dimasak.

“Kemarin sudah ditegaskan oleh Pak Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, bahwa kami Pemerintah Daerah tidak mau mengambil resiko, artinya kami tidak mau ada satu saja warga Konawe yang terinfeksi, “tegas Gusli saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (17/3/2020).

Olehnya itu, Mantan ketua DPRD Konawe ini meminta kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap melaksanakan aktifitas masing-masing, dengan tidak mengesampingkan kewaspadaan terhadap virus corona ini.

Ia juga berharap agar warga konawe yang memiliki rencana bepergian ke luar provinsi Sultra untuk menunda sampai penyebaran virus ini dapat teratasi.

“Saya minta masyarakat untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya berkontak langsung dengan orang baru ataupun orang luar daerah. Tetap lakukan aktifitas dan juga menjaga pola hidup sehat, “imbau Gusli saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (17/3/2020).

Kemudian terkait dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) China yang bekerja di Kecamatan Morosi, Gusli mengaku telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan instansi terkait

“Rencananya Pemda Konawe akan segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2015 tentang pemeriksaan kesehatan TKA terkait penyakit menular, “beber Gusli.

Untuk diketahui Pemda Konawe juga telah meliburkan seluruh sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP), sejak Senin kemarin (16/3/2020), hal itu dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Penulis : Sri Wulandari

Apa Komentar dan Pendapat Anda