Cegah Corona, Pemda Konawe Semprot Cairan Disinfektan di Tiga Lokasi

77
Tim Terpadu Tanggap Darurat lakukan penyemprotan disinfektan di toko Indomaret (FOTO: Istimewa)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengambil langkah tegas, dengan memerintahkan Tim Terpadu Tanggap Darurat turun lapangan melakukan penyemprotan disinfektan di tiga tempat.

Dimana tiga tempat tersebut yakni Toko Warni milik ODP, Toko Galaxi Sport milik penderita di Kelurahan Tumpas dan Indomaret di Adipura Kelurahan Ambekairi yang mana delapan karyawannya masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara langsung mendatangi Posko Tanggap Darurat Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan setempat.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara mendatangi Posko Tanggap Darurat Covid-19 (FOTO: Istimewa)

Kepala Dinas Kesehatan Konawe, drg Mawar Taligana mengatakan, perintah Bupati tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah (Pemda) akan keselamatan warganya.

Dikatakan, tindakan tegas Bupati Konawe ini sebagai langkah kongrit Pemda Konawe untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, yang belakangan ini terus meresahkan warga setempat.

“Pak Bupati tidak ingin warganya jadi korban dari Virus ini. Sehingga kami juga sebagai bawahan langsung bertindak cepat, Tim Terpadu langsung bekerja,” kata, Selasa (24/03/2020).

Menurut drg. Mawar, Tim Terpadu Tanggap Darurat sudah melakukan penyemprotan di tiga tempat mulai dari teras hingga dalam ruangan, dimana selama ini para ODP melakukan aktivitas.

Lebih lanjut kata dia, status ODP untuk 16 orang tersebut akan dicabut setelah dilakukan pemeriksaan akhir dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Untuk Toko Warni, tanggal 26 Maret 2020 kita lakukan pemeriksaan kesehatan terakhir. Jika kondisinya tetap stabil maka delapan orang yang tadinya status ODP akan dicabut,” jelasnya.

Penyemprotan disinfektan di salah satu toko di Konawe (FOTO: Istimewa)

Sementara untuk delapan karyawan Indomaret di Adipura itu, status ODP berakhir pada tanggal 29 Maret 2020.

“Kami rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kedelapan karyawan itu. Tempatnya juga tadi sudah disemprot disinfektan,” ucapnya.

Kadis Kesehatan Konawe menambahkan bahwa ada satu orang Warga Kecamatan Routa saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Kota Kendari. Menurut Kadis, warga ini baru saja pulang dari luar daerah.

“Statusnya PDP, yang bersangkutan karyawan salah satu perusahaan di Kecamatan Routa dan seminggu lalu baru pulang dari Bali,”

Untuk diketahui, saat ini di Konawe terdapat 65 orang yang dinyatakan berstatus ODP, 49 WNA di Morosi dan 16 warga Kecamatan Unaaha.

Sedangkan dua orang warga Unaaha dinyatakan positif Covid-19 dan satu orang warga Routa yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih menunggu hasil pemeriksaan darah di laboratorium.

Penulis: Sri Wulandari

Apa Komentar dan Pendapat Anda