Banyak Melanggar, PT Kasmar Terkesan Kebal Hukum, ESDM Sultra Diminta Cabut IUPnya

233
Ilustrasi
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KOLUT – Salah satu perusahaan
Tambang yang berada di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yakni PT. Kasmar Tiar Raya tak henti-hentinya mendapat sorotan pedas.

Pasalnya perusahaan ini diketahui banyak melakukan pelanggaran dalam aktivitasnya, dimana hal itu terungkap dalam pernyataan Plt Kadis ESDM Sultra, Buhardiman pada beberapa waktu lalu.

Pelanggaran yang dimaksud yakni PT.Kasmar belum melakukan jumlah bahan galian ore nikel yang sudah tertambang, tidak adanya kolam sedimen disekitar jetty dan stockfile, belum adanya izin lingkungan limbah cair, SOP kegiatan pertambangan serta melakukan penjualan tanpa SKV.

Bahkan dugaan lainnya disuarakan oleh Oschar Sumardin selaku Ketua Bidang Lingkungan Hidup & Kehutanan Aliansi Masyarakat Peduli Hukum (Ampuh Sultra), Minggu (19/4/2020).

Banyak Melanggar, PT Kasmar Terkesan Kebal Hukum, ESDM Sultra Diminta Cabut IUPnya

“Disini kami duga PT Kasmar ini kebal hukum dan kami duga juga ada oknum kepolisian yang memback up aktivitas PT KTR ini, “tegasnya

Olehnya itu ia menegaskan, apabila hal tersebut terus dibiarkan maka akan menambah catatan buruk bagi institusi kepolisian khususnya penegakan hukum ilegal mining di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Apalagi mengingat akreditas Polda Sultra telah naik menjadi akreditasi A. Tentunya dengan naik statusnya Polda Sultra, kami harap bisa lebih profesional dan transparan lagi dalam menangani Kasus PT Kasmar Tiar Raya, “pinta Oschar

Tak hanya itu, Wasekum Bidang Politik dan Pemerintahan HMI Cabang Kendari ini juga meminta kepada Dinas ESDM Sultra, jika PT.Kasmar tidak melakukan perbaikan sejumlah pelanggarannya, maka IUP-nya segera harus dicabut.

“Saya tegaskan kepada Dinas ESDM Sultra, kalau jangka waktu 60 hari yang telah diberikan untuk pemberhentian aktivitas mereka (PT.Kasmar), lantas mereka belum memperbaiki semuanya. IUPnya harus segera dicabut seperti pernyataan pak Plt Kadis ESDM juga, “ucap Oschar

Penulis : Falonk

Apa Komentar dan Pendapat Anda