Antisipasi Kontijensi Penerapan PSBB, Polres Konsel Gelar Latihan TFG

49
Tampak kegiatan pelatihan TFG sedang berlangsung di Polres Konsel (FOTO: Agus/Redaksiana)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Guna mengantisipasi terjadinya konflik sosial (Kontijensi) ditengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kepolisian Resort Konawe Selatan (Polres Konsel) menggelar latihan Tactical Floor Game (TFG) sistem pengamanan (sispam) Kota.

Kegiatan tersebut dibuka dan dipimpin langsung Kapolres Konsel, AKBP Dedy Adrianto didampingi oleh Sekda Konsel, Sjarif Sajang, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1417 Kendari, Kolonel Inf. La Ode Fey, Kadis Perhubungan, Kadis Sosial, Kasat Pol PP, Kepala BPBD, diikuti oleh seluruh jajaran Polres Konsel, Kapolsek, Danramil, serta Danpos AL Torobulu.

Kapolres Konsel, AKBP Dedy Adrianto menjelaskan bahwa tujuan dari dilaksanakannya latihan atau simulasi TFG adalah agar seluruh pihak baik TNI/Polri dan Pemerintah dapat mengetahui tugas masing-masing apabila sewaktu-waktu terjadi situasi Kontijensi (Konflik Sosial) ditengah penerapan kebijakan Pemerintah terkait PSBB.

“Selain itu, saya mengharapkan dukungan pemerintah dan pihak TNI agar dapat membantu penanganan situasi Kontijensi dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada serta menekankan agar seluruh pihak terutama pucuk pimpinan dapat memberikan penjelasan kepada masing -masing anggotanya untuk berbuat seperti apa apabila dihadapkan pada situasi Kontijensi,” kata Dedy, Selasa (14/04/2020).

Sementara itu, Sekda Konsel, Sjarif Sajang mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Polres Konsel dan jajarannya dalam rangka penanganan Konflik Sosial akibat dari penerapan PSBB di wilayah Kabupaten Konsel.

“Kami selaku Pemerintah Daerah sangat mendukung dengan langkah yang dilakukan oleh Polres Konsel dalam rangka antisipasi penanganan konflik sosial jika diterapkan PSBB,” ungkap Sjarif.

Adapun skema kegiatan TFG yang telah dibuat dalam menghadapi situasi kontijensi yaitu dengan membuat pos-pos di beberapa titik perbatasan wilayah hukum Polres Konsel diantaranya :

● Pos Batas Kab.Konsel/Kab.Konawe di Kec. Angata

● Pos Batas Kab.Konsel/Kab.Bombana di Kec.Tinanggea

● Pos Batas Kab.Konsel/Kota Kendari di Kec.Moramo Utara

● Pos Batas Kab.Konsel/Kab.Muna di Pelabuhan Fery Torobulu

● Pos Batas Kab.Konsel/Kab.Buton Utara di Pelabuhan Fery Amolengu

● Pos Batas Kec.Landono/Kec.Ranomeeto Barat di Desa Arongo

● Pos Batas Kec.Laeya/Kec.Wolasi di Desa Anduna

Penulis: Agus Muhaimin

Apa Komentar dan Pendapat Anda