AMPUH SULTRA Soroti Kinerja Inspektur Tambang, Makin Liar Penambangan Ilegal

538
Direktur AMPUH SULTRA, Hendro Nilopo. (Design REDAKSIANA.ID).
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KENDARI – Maraknya persoalan dugaan penambangan ilegal di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa tahun terakhir, menimbulkan pertanyaan besar bagi berbagai elemen atau lembaga.

Tak terkecuali, salah satu lembaga yang gencar menyuarakan terkait dugaan penambangan ilegal di Sultra itu yakni Aliansi Masyarakat Peduli Hukum Sulawesi Tenggara (AMPUH SULTRA).

Hendro Nilopo selaku Direktur Aliansi itu menduga bahwa banyaknya dugaan Penambangan Ilegal yang dilakukan oleh Oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab tidak luput dari kelalaian instansi terkait dalam hal ini Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra.

“Dinas ESDM Sultra ini kan adalah Stake Holder dari perusahaan-perusahaan pertambangan yang ada di Sultra. Mereka ini kan ada Inspektur Tambang yang ditugaskan untuk memantau kegiatan pertambangan disini. Masa dari sekian banyak dugaan pertambangan ilegal yang ada tidak satupun yang dikuak oleh Inspektur Tambang, “jelasnya kepada Redaksiana.id, Jum’at (28/2/2020).

Bahkan menurut pria sapaan Don HN ini mengetahui ada 7 Inspektur Tambang yang ditugaskan di Sulawesi Tenggara. Herannya hasil kinerja mereka tak ada hasilnya.

“Nah yang menjadi pertanyaan, hasil kerja mereka mana? selama ini kalau bukan dari teman-teman mahasiswa dan LSM yang turun menguak maraknya dugaan penambangan ilegal, mungkin kita tidak akan pernah tau bahwa di Sultra ini begitu banyak perusahaan yang diduga melakukan penambang Ilegal, “bebernya

Lebih lanjut Direktur AMPUH Sultra inu memaparkan bahwa dugaan penambangan ilegal itu yakni menambang diluar dari titik koordinat, menambang tanpa Izin Usaha Pertambangan (IUP) sampai dengan melakukan kegiatan Eksplorasi maupun Eksploitasi didalam kawasan hutan tanpa Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Olehnya itu Don HN berharap, Instansi-instansi berwenang agar segera mengevaluasi kinerja dari para Inspektur Tambang yang ada di Sultra agar bisa membongkar perusahaan yang selama ini menambang dengan status ilegal.

“Mereka ini harus di evaluasi kinerjanya, biar kita tau apakah mereka aktif memantau kegiatan-kegiatan pertambang di Sultra atau tidak. Selama ini saya hampir tidak pernah mendengar ada Inspektur Tambang yang menguak masalah dugaan penambangan ilegal khususnya di Sultra, “tegasnya

Penulis : Ifal Chandra

 

Apa Komentar dan Pendapat Anda