Akhir Tahun 2020, Kadis Dukcapil Konsel Targetkan Pelayanan Go Digital

41
Kadisdukcapil Konsel, Muh Yusuf (FOTO: Agus/Redaksiana)
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONSEL – Seiring dengan perkembangan zaman yang serba menggunakan teknologi serta menghadapi era digital saat ini, membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus melakukan inovasi dan terobosan dalam hal pelayanan.

Kepala Disdukcapil Konsel, Muh. Yusuf saat ditemui diruang kerjanya mengungkapkan, bahwa di akhir tahun 2020 ini Disdukcapil Konsel telah menargetkan pelayanan kependudukan berbasis digital (system online).

“Jadi target saya akhir tahun 2020 ini kita sudah harus berpindah pada pelayanan berbasis online. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengurus dokumen kependudukan ke kantor, hal itu untuk mempermudah serta mempercepat proses pelayanannya,” ungkapnya, Rabu (15/04/2020).

Sehingga ia menginginkan untuk kedepannya, pelayanan dokumen kependudukan dapat diakses dalam bentuk aplikasi lewat smartphone (berbasis digital), hingga memudahkan masyarakat dalam membuat atau mengganti identitas, membuat akte dan dokumen lainnya.

“Kedepannya pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dapat diakses lewat aplikasi sehingga memudahkan masyarakat dalam membuat KTP, akte dan lainnya. Jadi nantinya masyarakat dapat mencetak secara mandiri dokumen tersebut,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelayanan saat ini ditengah wabah virus Corona (Covid-19), pihaknya akan tetap membuka pelayanan secara manual dengan jam pelayanan seperti biasanya dengan menerapkan standar protokoler kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini.

“Untuk pelayanan saat ini ditengah pandemi corona, kami tetap melakukan pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan seperti biasanya, namun dalam pelayanannya kami terapkan standar protokoler kesehatan, seperti masyarakat wajib cuci tangan dan hanya yang pakai masker yang dilayani,” ucap Yusuf.

Sementara untuk ketersediaan blangko e-KTP, kata Yusuf, masih terdapat stok sekitar 1.500 lebih keping dan untuk jumlah penduduk Kabupaten Konsel yang telah memiliki e-KTP sudah mencapai 96 persen lebih, hanya tersisa sedikit yang belum memiliki e-KTP dan belum melakukan perekaman.

“Stok blangko KTP masih ada sekitar 1.500 keping. Untuk jumlah penduduk yang telah memiliki e-KTP sudah 96 persen lebih, untuk menuntaskan penduduk yang belum melakukan perekaman, kami akan buka layanan perekaman di setiap Kecamatan,” tutupnya.

Penulis: Agus Muhaimin

Apa Komentar dan Pendapat Anda