18 Bulan Honor Aparat Desa Tak Dibayarkan, Dewan Soroti Pemkab Konawe

74
Ilustrasi.
redaksiana.id redaksiana.id

REDAKSIANA.ID : KONAWE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk segera membayarkan honor aparat desa yang tak kunjung dibayarkan selama 18 bulan lamanya.

Menanggapi persoalan itu, DPRD Kabupaten Konawe menggelar rapat bersama guna membahas beberapa hal, termasuk aspirasi yang masuk di DPRD mengenai pembayaran ADD oleh pemerintah daerah.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Konawe, H. Ardin, Kamis (30/4/2020).

Ketua DPRD Konawe saat melakukan pertemuan bersama pihak Pemkab Konawe.

“Kita segera mendesak Pemerintah Daerah untuk segera membayarkan honor aparat desa yang sudah masuk 18 bulan. Itu adalah kewajiban mandataring daripada pelaksanaan pemerintahan yang 10 persen dari DAU, “ungkapnya

Selain itu politisi PAN Konawe ini menegaskan bahwa dana itu tidak bisa dihapuskan, sebab setiap tahunnya dana itu tetap kewajiban di daerah.

“Oleh karena itu, dengan kebijakan pemerintah untuk membayarkan alokasi dana desa kepada masyarakat kita di 270 Desa yang ada di Kabupaten Konawe, ini salah satu langkah untuk mengurangi devisit kita yang ada, “ucap Ardin.

“Saya bersama teman-teman sepakat sebelum lebaran, kami harap kepada Pemda untuk segera bayar honor-honor aparat desa di Konawe. Kalau tidak bisa dibayarkan sekaligus yang penting ada dulu kebijakan untuk membayarkan. Dan DPRD akan awasi ini, “tambah Ketua DPRD Konawe.

Tak hanya itu, Ardin kembali menegaskan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan melayangkan surat resmi kepada pemerintah daerah pada Senin pekan depan.

“Komisi l juga akan rapat secara teknis dengan BPMD dan BPKAD, “jelasnya

Maka dari itu lanjut Ardin, apabila pemerintah daerah tidak melaksanakan apa yang diinginkan oleh DPRD yang mana honor aparat desa harus dibayar sebelum lebaran ini, Ardin mempersilahkan kepada masyarakat yang punya hak untuk bertindak.

“Kalau perlu demo. Bakar ini daerah kalau tidak mau. Kita keras, tidak main-main kita ini. Bayarkan, “kata Ardin dengan nada tinggi.

Penulis : Falonk

Apa Komentar dan Pendapat Anda